KASUS ASUHAN KEBIDANAN LANJUT II

MAHASISWA D4 KEBIDANAN KLINIK ANGKATAN II

KASUS 1:

Seorang ibu bersalin dengan usia kehamilan 41 minggu, datang ke klinik bersalin dengan keluhan keluar air dan nyeri pada pinggang sampai perut. Setelah dilakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik didapatkan data bahwa ibu tersebut berusia 30 tahun, ini merupakan kehamilan yang pertama, tidak sedang mengidap penyakit yang kronis ataupun menular. Tanda vitalnya: suhu 370 C, nadi 84 x/menit, tekanan darah 120/80 mmHg, respirasi 24 x/menit. Berat badan 80 kg, TB 147 cm. TFUT 35 cm, palpasi Leopold menemukan hasil bahwa tinggi fundus 3 jari bawah px, teraba bagian besar dan lunak, teraba bagian keras dan datar pada bagian kanan ibu, pada bagian bawah teraba bagian keras, bulat dan sulit digoyangkan. Leopold IV menemukan tangan dalam kondisi sejajar.

Pertanyaan :

Pertanyaan :

  1. Jika dlm VT teraba tali pusat dan masih berdenyut, apa yang telah terjadi serta langkah –langkah yang  akan diambil untuk mengurangi resiko dan bagaimana pengelolaanya.
  2. Pd saat pemeriksaan DJJ ditemukan hasil 13.14.15 menurut saudara apa yang  sedang terjadi kenapa bisa terjadi dan apa penatalaksanaanya.
  3. Pada saat kala II ibu tersebut dipimpin, ternyata kepala bayi seperti kura – kura ( keluar masuk) menurut saudara apa yg sedang terjadi, factor resiko apa yg menyebabkan, data focus apa yg dicari serta apa penatalaksanaanya.
  4. Jika pd saat kala II , pasien tampak gelisah, ketakutan dan disertai dgn perasaan nyeri diperut dan pd setiap datangnya his pasien memegang perutnya dan mengerang kesakitan bahkan meminta supaya anaknya secepatnya dikeluarkan. Setelah diperiksa didptkan his lebih lama, lebih kuat dan lebih sering bahkan terus menerus. Ligamentum rotundum teraba seperti kawat listrik yg tegang, tebal dan keras terutama sebelah kiri atau keduanya. Pada waktu datangnya his, korpus uteri teraba keras (hipertonik) sedangkan SBR teraba tipis dan nyeri kalau ditekan. Menurut saudara apa yg telah terjadi, factor resiko apa penyebabnya, data focus apa yg dikaji serta apa penatalaksanaanya.
  5. Pd saat kala III  ternyata  ibu mengeluh lelah, wajah terlihat pucat dan ektremitas dingin, setelah diperiksa ternyata kontraksi uterus tidak baik, serta ibu mengeluarkan darah dengan volume ±1000cc, menurut saudara apa yg sedang terjadi, factor apa yg menyebabkan , Data focus apa yg dicari serta bagaimana penatalaksanaanya.

KASUS 2:

Seorang ibu bersalin dengan selaput ketuban sudah pecah dirujuk oleh bidan ke RS, dengan keluhan tiba-tiba sesak nafas, dengan wajah kebiruan. Data fokus apa yang harus dikaji, apa yg sedang terjadi, factor resiko apa yang menyebabkan, serta bagaimana pelaksanaannya.

KASUS 3

Seorang ibu hamil dengan usia kehamilan 30 mgg dating mengeluh gerakan anak terasa berkurang . setelah dilakukan pengkajian ternyata ibu hamil kedua anak pertama mengidap sindrom down usia 4 tahun, pemeriksaan tanda vital dlm kondis normal, antropometri ibu normal.

  1. Pemeriksaan obstetric ( penunjang ) apa saja yg harus dilakukan pd ibu tersebut?
  2. Jelaskan masing – masing pemeriksaan kesejahteraan serta screening tes untuk mengetahui kelainan genetic?
  3. Bagaimana bidan menyiapkan pasien dlm melakukan pemeriksaan tersebut.

Petunjuk :

  1. Mahasiswa dibagi menjadi tiga kelompok
  2. Setiap kelompok membahas semua kasus
  3. Pembahasan yang dibuat harus lengkap mulai dari pengertian, penyebab, faktor risiko, patofisologi, penatalaksanaan di BPM dan RS, yang juga dikaitkan dengan kewenangan bidan, diketik dengan huruf times new roman, 1,5 spasi.
  4. Setiap anggota dalam kelompok diharapkan menguasai pembahasan kasus.
  5. Setiap kelompok menyusun power point
  6. Saat panel, kelompok yang menyajikan kasus diundi.

= = = = Selamat berkarya = = =

0 Responses to “Kasus Askeb Lanjut II (Problem Based Learning)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s